Selasa, 22 Mei 2012

Kampus Tercinta




STIE YKPN yang memiliki kepanjangan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara , sebuah sekolah tinggi ilmu ekonomi yang didirikan pada 12 September 1980 ini beralamat di Jalan Seturan Raya, Depok Sleman, Yogyakata. Tempat itu adalah kampus tempat saya menimba ilmu sekarang. Sebuah kampus yang indah, modern, dan sedap dipandang mata oleh semua orang yang lewat melintasinya atau yang masuk ke dalam lingkungannya.
Kampus ini
terdiri dari beberapa gedung yang terpisah seperti, gedung pusat, gedung kuliah, perpustakaan, tempat parkir (mobil & motor) dan lainnya. Di gedung pusat terdapat bagian admisi, bagian prodi, bagian keuangan, ruang dosen, dll. Sedankan di gedung kuliah tentu saja terdapat ruang-ruang kelas yang terdiri dari 3 lantai (setahu saya). Ruang kelasnya sejuk (seringkali dingin)  serta dilengkapi fasilitas kuliah yang baik sehingga membuat mahasiswa nyaman untuk berkosentrasi dalam mengikuti kuliah.
STIE YKPN mempunyai 3 pilihan program studi, yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembagunan. Untuk prodi Akuntansi dan Manajemen telah mendapat akreditasi A, sedangkan prodi Ekonomi Pembangunan terakreditasi B. Kebetulan saya mengambil prodi Akuntansi, dengan tujuan bisa menjadi seorang akuntan atau auditor yang handal di masa depan. Ini adalah tahun pertama saya menjadi bagian dari STIE YKPN.
Para dosen di kampus ini bukanlah sekedar dosen biasa seperti di kampus-kampus lain, mereka sangatlah ahli dibidangnya dan tidak usah diragukan lagi kemampuannya dalam mengajar para mahasiswa. Setiap dosen memiliki cara tersendiri dalam metode pengajarannya. Beberapa ada yang mengajar dengan santai, ada yng banyak memberkan tugas, ada juga yang unik dan menjadi ciri khas dari dosen tesebut. Salah satu contoh adalah dosen pengampu mata kuliah Aplikasi Komputer yang mewajibkan semua mahasiswanya mengikuti lomba blog. Mungkin sedikit menyusahkan tapi ini merupakan sebuah pengalaman yang berharga untuk menunjang masa depan mahasiswa itu sendiri.
Di kampus ini juga terdapat beberapa UKM untuk menunjang prestasi non akademis mahasiswa maupun untuk melatih kemampuan berorganisasi. Sebagai contoh ada UKM fotografi, computer club, olah raga, kesenian, kopma, dan lainnya. Kampus ini juga menyediakan ruangan khusus untuk tiap UKM melakukan kegiatannya. Selain itu juga terdapat beberapa tempat yang tersedia untuk mahasiswa menjalankan sebuah usaha mandiri.

1 komentar: